Tazkia Bangun Oase Spiritual di Bukit Sentul

Terinspirasi dari kejayaan Islam di Andalusia, Spanyol beberepa abad silam. Waktu itu, Andalusia dikenal sebagai pusat kegiatan spiritual dan intelektual yang kejayaannya masih berbekas pada kemajuan bangsa Eropa saat ini.Kompleks AIC ini nantinya akan dibangun mesjid dua lantai yang bernama Al Hamra, gedung perkantoran, kuliah, perpustakaan, dan kawasan usaha kecil dan mikro. “Komposisi kompleks seperti itu ibarat memadukan tiga unsur, mesjid sebagai sentra spritual, sentra intelektual, dan sentra ekonomi dan bisnis di sekitarnya”, kata Dr. M.Syafii Antonio M.ec, Ketua Badan Pengurus Andalusia Islamic Center saat “Silaturahim Akbar Tazkia dan Exposure Andalusia Islamic Center” di Jakarta (25/1). Letaknya juga tak jauh dari Jakarta dan Bogor. “Bisa digapai lewat jalan tol Jabotabek, Dari Jakarta keluar pintu tol Sentu City”, terang Syafii Antonio.

Dibutuhkan sekitar Rp 35 Miliar untuk menuntaskan kompleks ini. Kini pembangunannya sampai pada tahap peletakan kubah mesjid sebagai sentra kompleks. Dari jumlah tersebut, menurut Ketua Panitia Silaturahim Akbar Tazkia dan Exposure Andalusia Islamic Center Khairunnas baru terkumpul sekitar Rp 5-6 Miliar. Sisanya akan dikumpulkan dari dana CSR umat, baik individu maupun institusi. “Di awali dengan fundraising dari alumni jamaah haji Tauba Travel ini”, jelas Khairunnas. Tauba Travel adalah salah satu sayap bisnis grup Tazkia yang memiliki 3000-an alumni jamaah haji yang tergabung dalam IKAH Tazkia.

Wahana Silaturahmi Umat Islam

Konsepnya, AIC ini akan menjadi wahana silaturahmi umat Islam seluruh Indonesia umumnya dan Jawa Barat, Banten, dan Jakarta khususnya. Di AIC ini akan diadakan tiga jenis kegiatan utama seperti kegiatan besar, permanen, dan insidentil.

Contohnya, tabligh akbar dan zikir berjamaah bersama ulama besar, pesantren kilat, pelatihan kepemimpinan dan manajemen, dan pendidikan ekonomi dan keuangan Islami melalui Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia yang juga akan dipindahkan ke sana dari lokasinya kini di Dramaga, Bogor.

Silaturahmi dari Sekarang

Belum juga selesai pembangunan AIC yang ditujukan untuk silaturahmi umat Islam, Tazkia sudah melakukan silaturahmi pada 25 Januari lalu. “Tidak kurang 2000 undangan disebar ke berbagai kalangan yang mempunyai keterkaitan dengan Tazkia.

Hadir dalam silaturahmi tersebut adalah anggota IKAH Tazkia (alumni haji Tauba Travel), orang tua mahasiswa STEI Tazkia, dan sebagainya. Datang menghibur, penyanyi kondang Islami Opick, Nasid dari grup Mumtaz dan T-Voice, dan Marawis. Datang juga Ratih Sanggarwati membacakan puisi-puisi Islami dan Ustad Yusuf Mansyur memberikan tausiah sebagai penutup acara.

0 Responses to “Tazkia Bangun Oase Spiritual di Bukit Sentul”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: